DSpace Repository

Konsep Pendidikan Islam Dalam Buku La Tahzan Terhadap Perkembangan Jiwa Remaja

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad Ulinnuha
dc.contributor.author Zakiah Syarifuddin, 10311029
dc.date.accessioned 2019-11-12T02:17:38Z
dc.date.available 2019-11-12T02:17:38Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/172
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam terhadap perkembangan jiwa remaja yang terkandung dalam buku La Tahzan”, untuk mengetahui bagaimana kontribusi buku La Tahzan terhadap pendidikan Islam dalam jiwa remaja. Sehingga nilai-nilai pendidikan dan moral yang terkandung di dalamnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Persamaan konsep pendidikan Islam dari tinjauan pustaka adalah semuanya mengharapkan adanya pendidikan Islam yang baik, pembentukan karakter, penamaman moral atau akhlakul karimah. Seperti skripsi Nurhasanah, yang menekankan pada nilai-nilai pendikakan Islam kepada anak, misalnya kedamaian, toleransi, dan sebagainya, sedangkan Desi Suliswati, menerapkan nilai-nilai Pendidikan Islam untuk mencapai keluarga sejahtera; mulai dari pra nikah sampai pasca pernikahan dan seterusnya. Dan terakhir dalam skripsi Herni, lebih menitikberatkan kepada pendidikan akhlak dalam Qs. an- Nahl ayat 90, yaitu tentang keadilan dan kejujuran, dan meninggalkan perbuatan keji dan mungkar. Dan perbedaan dengan skripsi ini, penulis membahas tentang pendidikan Islam terhadap perkembangan jiwa remaja dengan menggunakan buku La Tahzan sebagai refenresi utama. Skripsi ini dilakukan melalui pendekatan library research dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca dan menganalisis buku-buku yang ada relevansinya dengan xiii masalah penelitian. Kemudian diolah dengan menggunakan metode triangulasi, dengan cara membandingkan perspektif seseorang dengan pendapat dan pandangan orang lain. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan metode deskriptif analitis dengan memaparkan pendidikan Islam dalam perkembangan jiwa remaja dan kontribusi buku La Tahzan terhadap jiwa remaja. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa buku La Tahzan sangat berpengaruh dalam pendidikan Islam terhadap perkembangan jiwa remaja. (a). Buku La Tahzan merupakan salah satu buku petunjuk hidup dalam mencapai kesuksesan dunia dan akhirat. (b). Buku ini sangat padat dengan nuansa rabbani tanpa mengesampingkan sisi-sisi duniawi. (c). Buku ini juga merupakan resep-resep manjur yang menunjukkan kepada kita bagaimana harus meniti jalan kehidupan dan membangun kehidupan yang bahagia dengan berpedoman pada satu kata : La Tahzan, jangan bersedih. Penulisannya yang lugas dan mengalir, membuat buku ini semakin menarik untuk dihayati dan diamalkan. Akhirnya, buku La Tahzan ini adalah buku petunjuk hidup yang sangat relevan dengan dunia pendidikan, terkhusus kepada psikologi perkembangan jiwa remaja. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.subject La Tahzan en_US
dc.title Konsep Pendidikan Islam Dalam Buku La Tahzan Terhadap Perkembangan Jiwa Remaja en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account