DSpace Repository

Peran Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim
dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Rabiatul Adawiyah, 220430303
dc.date.accessioned 2022-08-22T08:04:30Z
dc.date.available 2022-08-22T08:04:30Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1766
dc.description.abstract Tesis ini bertujuan untuk mengetahui penerapan literasi digital terhadap pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dikelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan dalam ketercapaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; menganalisa peran literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait dan di dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan literasi digital terhadap pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan dalam ketercapaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah sangat menarik dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga pembelajaran tersebut tidak monoton bahkan memberikan hasil belajar yang memuaskan bagi peserta didik. 2) Peran literasi digital terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadis sangat penting dalam pembentukan karakter dan tanggung jawab; memberikan pemahaman akan pentingnya literasi digital; pembiasaan penggunaan dan pemanfaatan media digital; menumbuhkan kreativitas dalam pembelajaran; mampu menggunakan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran, dan 3) Adapun faktor pendukung penerapan literasi digital di dalamnya adalah dukungan dari sekolah dengan memberikan pelatihan dan adanya fasilitas sarana prasarana yang memadai, dan faktor penghambatnya adalah koneksi internet bermasalah dan lampu padam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Literasi Digital en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadis en_US
dc.title Peran Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account