dc.description.abstract |
Variabel yang menjadi penelitian ini adalah prestasi belajar bahasa Arab
siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pembelajaran CTL.
Bentuk penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai sample adalah siswa kelas VIII putri
SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utarayang berjumlah
22. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan
tes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
prestasi belajar bahasa Arab siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan
menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan
meningkatnya prestasi belajar bahasa Arab siswa dari sebelum dan sesudah
dilaksanakannya tindakan. Pada pra siklus/tindakan diperoleh rata-rata evaluasi
66,04 (kategori prestasi belajar rendah). Siklus I meningkat menjadi 76,72
(kategori prestasi belajar cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata evaluasi 94,72
(kategori prestasi belajar tinggi). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas VIII putri SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara. |
en_US |