DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII SMP IT Al-Muchtar Bekasi Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Umi Khusnul Khotimah
dc.contributor.author Istianna Tafmiro, 11311048
dc.date.accessioned 2019-11-12T02:35:52Z
dc.date.available 2019-11-12T02:35:52Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/176
dc.description.abstract Variabel yang menjadi penelitian ini adalah prestasi belajar bahasa Arab siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL. Bentuk penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai sample adalah siswa kelas VIII putri SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utarayang berjumlah 22. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar bahasa Arab siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada pra siklus/tindakan diperoleh rata-rata evaluasi 66,04 (kategori prestasi belajar rendah). Siklus I meningkat menjadi 76,72 (kategori prestasi belajar cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata evaluasi 94,72 (kategori prestasi belajar tinggi). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII putri SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Contextual Teaching en_US
dc.subject Learning (CTL) en_US
dc.subject Prestasi en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII SMP IT Al-Muchtar Bekasi Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account