dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah korelasi antara
Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran di
kelas XI IPA SMADarul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
pengolahan data menggunakan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 50 orang siswa, yang kemudian diambil sampel dari
populasi tersebut sebanyak 20% yaitu 23 siswa. Penelitian ini menggunakan
angket atau kuesioner sebagai instrument penelitian guna mendapatkan data
atau informasi yang dibutuhkan. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan,
dalam penelitian ini juga mennggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi Product
Moment dan korelasi Pearson pada program SPSS versi 20 for windows.
Setelah melakukan analisa data menggunakan korelasi Product Moment,
dengan memperhatikan “r” hitung (0,580) lebih besar dari rt (rtabel) baik pada
taraf signifikansi 5% =0,413 maupun dari taraf signifikansi 1% = 0,526. Maka
Ho (Hipotesis Nihil) ditolak dan Ha (Hipotsis Alternatif) diterima. Kemudian,
dengan memperhatikan besar korelasi Rxy = yang terletak di interval koefisien
0,00 – 0,70 yang berarti antara variabel X (Pengaruh Komunikasi Guru dengan
Siswa) dan Variabel Y (Hasil Pembelajaran) terdapat korelasi dalam katagori
yang hasilnya sedang.
Hasil ini diperkuat dengan pengolahan data yang menggunakan korelasi
pearson menggunakan SPSS versi 20 for windows maka diperoleh output
koefisien sebesar 0,580. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi
(sig 2-tailed) sebesar 0,004 Karena signifikansi < 0,05 maka ho di tolak. Jadi
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengaruh komunikasi guru dengan
siswa terhadap hasil pembelajaran adalah tergolong sedang. |
en_US |