DSpace Repository

Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran (Studi Kasus kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herman
dc.contributor.author Elis Maelana Rohmah, 11311073
dc.date.accessioned 2019-11-12T02:43:39Z
dc.date.available 2019-11-12T02:43:39Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/179
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui adakah korelasi antara Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran di kelas XI IPA SMADarul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa, yang kemudian diambil sampel dari populasi tersebut sebanyak 20% yaitu 23 siswa. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument penelitian guna mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan, dalam penelitian ini juga mennggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan korelasi Product Moment dan korelasi Pearson pada program SPSS versi 20 for windows. Setelah melakukan analisa data menggunakan korelasi Product Moment, dengan memperhatikan “r” hitung (0,580) lebih besar dari rt (rtabel) baik pada taraf signifikansi 5% =0,413 maupun dari taraf signifikansi 1% = 0,526. Maka Ho (Hipotesis Nihil) ditolak dan Ha (Hipotsis Alternatif) diterima. Kemudian, dengan memperhatikan besar korelasi Rxy = yang terletak di interval koefisien 0,00 – 0,70 yang berarti antara variabel X (Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa) dan Variabel Y (Hasil Pembelajaran) terdapat korelasi dalam katagori yang hasilnya sedang. Hasil ini diperkuat dengan pengolahan data yang menggunakan korelasi pearson menggunakan SPSS versi 20 for windows maka diperoleh output koefisien sebesar 0,580. Kemudian dari output tersebut diperoleh signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,004 Karena signifikansi < 0,05 maka ho di tolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil pembelajaran adalah tergolong sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Korelasi en_US
dc.title Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran (Studi Kasus kelas XI IPA SMA Darul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account