dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman
kondisi ekonomi dalam suatu masyarakat sehingga berdampak
pada pendidikan anak-anak mereka. Dalam kajian teoritis,
penulis memaparkan pengertian, bentuk, dan faktor yang
mempengaruhi kemiskinan terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik
pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan
wawancara. Kemudian teknik pengolahan data penulis
menggunakan korelasi product moment. Subjek dari penelitian
ini adalah murid TK B dari TK Islam Daar Assalaamah serua
Ciputat. Populasi yang ada kurang dari 100 siswa, maka
penelitian ini dinamakan penelitian populasi sehinggal
reponden diambil seluruhnya.
Setelah melakukan analisa data menggunakan hitungan
manual product moment maka menghasilkan r hitung lebih
rendah dari pada r tabel pada taraf signifikansi 5% maupun
taraf Signifikansi 1% maka hipotesis nihil yang menyatakan
tidak ada hubungan yang signifikan antara korelasi kemiskinan
dengan prestasi belajar Murid TK Islam Daar Assalaamah
serua ciputat di terima sedangkan hipotesis alternatif ditolak.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa
tingkat sosial ekonomi orangtua dalam hal ini kemiskinan suatu
keluarga tidak mempengaruhi prestasi anak disekolah. |
en_US |