dc.description.abstract |
Self regulation merupakan upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu
aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi, dan
perilaku aktif. Ketiganya merupakan aspek regulasi diri yang diaplikasikan
dalam pembelajaran. Pembentukan regulasi diri dapat dipengaruhi salah
satunya dengan pendekatan uswah hasanah. Pendekatan Uswah hasanah
merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan self
regulation siswa, hal ini karena pendekatan uswah hasanah merupakan
implementasi nyata dari seorang guru yang akan dilihat langsung oleh siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan uswah
hasanah terhadap self regulation siswa di MA Mathla’ul Huda Bandung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sample 61
siswa (22 laki-laki dan 39 perempuan) kelas XII. Pengambilan sample
menggunakan Teknik probability sampling dengan metode random
sampling. Analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS 25 for windows
dengan Teknik regresi liniear angket atau kuesioner. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara
pendekatan uswah hasanah terhadap self regulation siwa di MA. Mathla’ul
Huda, dengan nilai signifikansi 0.000 (ρ < 0,05) serta tingkat pengaruhnya
sebesar 27,7% |
en_US |