DSpace Repository

PENGARUH PENDEKATAN USWAH HASANAH TERHADAP SELF REGULATION SISWA DI MA MATHLA’UL HUDA BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Hilyatussu’ada, 18311910
dc.date.accessioned 2022-09-06T08:43:35Z
dc.date.available 2022-09-06T08:43:35Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1810
dc.description.abstract Self regulation merupakan upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi, dan perilaku aktif. Ketiganya merupakan aspek regulasi diri yang diaplikasikan dalam pembelajaran. Pembentukan regulasi diri dapat dipengaruhi salah satunya dengan pendekatan uswah hasanah. Pendekatan Uswah hasanah merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan self regulation siswa, hal ini karena pendekatan uswah hasanah merupakan implementasi nyata dari seorang guru yang akan dilihat langsung oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan uswah hasanah terhadap self regulation siswa di MA Mathla’ul Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total sample 61 siswa (22 laki-laki dan 39 perempuan) kelas XII. Pengambilan sample menggunakan Teknik probability sampling dengan metode random sampling. Analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS 25 for windows dengan Teknik regresi liniear angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pendekatan uswah hasanah terhadap self regulation siwa di MA. Mathla’ul Huda, dengan nilai signifikansi 0.000 (ρ < 0,05) serta tingkat pengaruhnya sebesar 27,7% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendekatan uswah hasanah en_US
dc.subject self regulation en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN USWAH HASANAH TERHADAP SELF REGULATION SISWA DI MA MATHLA’UL HUDA BANDUNG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account