Abstract:
Kegiatan pembelajaran Al-Qur'an ini sangatlah penting bagi setiap
umat Islam sebagai modal awal untuk mempelajari dan memperdalam ajaran
Islam. Tetapi tidak semua muslim dapat membaca Al-Qur'an dengan indera
penglihatannya sehingga ia tidak bisa melihat bagaimana tulisan Al-Qur'an
tetapi mereka bisa memaknai isi Al-Qur'an dengan membacanya.
Al-Qur'an Braille merupakan salah satu sarana bagi para penyandang
tunanetra untuk bisa menikmati indahnya kalam Ilahi dan juga mereka bisa
mengerti isi dari Al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup para muslim. Tidak
mudah bagi seorang tunanetra untuk mempelajari Al-Qur'an tersebut, karena
huruf-huruf yang ada didalamnya tidak seperti huruf hijaiyah pada umumnya.
Pelaksanaannya membutuhkan keterampilan khusus dan waktu yang tidak
sedikit. jadi, tidak mengherankan jika pada kenyataannya masih banyak
penyandang tunanetra yang masih buta dalam baca tulis Al-Qur'an. Hal ini
menjadi perhatian bagi penulis dan tertarik untuk mengetahui Pengaruh
Pembelajaran Al-Qur'an Braille Terhadap Prestasi Belajar Anak Tunanetra di
SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan.
Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode kuantitatif untuk
mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Al-Qur'an Braille terhadap prestasi
belajar Al-Qur'an anak tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak
Bulus Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis
untuk mengumpulkan data primer ialah penyebaran kuesioner (angket) dan
observasi untuk mendapatkan hasil penulisan siswa tunanetra di SLB A
Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta Selatan.
Dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier
sederhana, Pembelajaran Al-Qur'an Braille berpengaruh positif dan signifikan
Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Anak Tunanetra dikarenakan nilai t
hitung sebesar 6,446 lebih besar dari t tabel 2,021, yang berarti hipotesis Ha
diterima bahwa Terdapat pengaruh pembelajaran Al-Qur'an Braille terhadap
prestasi belajar Al-Qur'an anak tunanetra.