dc.description.abstract |
Konteks penelitian ini adalah kemerosotan atau kerusakan
moral di lingkungan pendidikan. Pendidikan yang lebih menekankan
pada hasil belajar kognitif daripada hasil afektif merupakan salah satu
faktor penyebab kemerosotan moral. Salah satu strategi untuk
membangkitkan semangat siswa adalah pendidikan karakter. SMP
Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun telah berupaya melaksanakan
pendidikan karakter dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagimana pendidikan karakter dapat
digunakan untuk meningkatkan nilai spiritual siswa kelas VII SMP
Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Partisipan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, guru, dan wali kelas
SMP Dar Al-Raudhah Pangkalan Bun. Fokus penelitian ini adalah
upaya guru dalam menerapkan pendidikan kelas VII SMP Dar Al- Raudhah Pangkalan Bun. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Oleh karena itu, instrumen yang dibuat
berupa petunjuk untuk melakukan wawancara dan observasi serta
hasil penelitian analisis yang ditentukan oleh sejumlah analisis
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membantu guru dalam
menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai teknik, pendidikan
karakter meningkatkan nilai spiritual siswa, salah satunya adalah guru
memimpin dengan memberi contoh atau menanamkan kebiasaan baik
pada diri merek |
en_US |