dc.description.abstract |
Tesis penelitian ini mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di SD Azhari Islamic School Rasuna. 2) Efektifitas pembentukan karakter Islami dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam Menghafal Al-Qur’an.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakter Islami pada siswa SD Azhari Islamic School Rasuna mempunyai karakter jujur, tanggung jawab, ramah, sopan dan santun kepada guru. Dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an siswa SD Azhari Islamic School memakai berbagai metode salah satunya dengan metode talaqqi, metode tasmi’, dan metode wahdah (menghafal per ayat), metode gabungan, dan metode mudarrosah. Adapun kendala pada siswa yaitu kurangnya muroja’ah dalam hafalan yang sudah dihafal sehingga hafalan nya belum lancar, solusi nya siswa mengulang hafalan secara terus menerus, focus dalam memperbaiki bacaan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif descriptive research yang berfokus mendeskripsikan pembentukan karakter Islami dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an. Sumber data primer yaitu dokumentasi, wawancara dengan guru tahfizh dan siswa. Sumber data sekunder yaitu jurnal, artikel, dan buku. |
en_US |