DSpace Repository

Implementasi Pendidikan Karakter Qur’ani (Studi Analisis Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Alghifary Slamet
dc.contributor.author Neneng Sakinah, 219430261
dc.date.accessioned 2022-10-01T07:44:16Z
dc.date.available 2022-10-01T07:44:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1897
dc.description.abstract Tesis ini bertujuan untuk meneliti bagaimana implementasi pendidikan karakter qur’ani di pondok pesantren Al-Qur’aniyah sebagai salah satu pesantren yang fokus mengedepankan pengembangan nilai-nilai karakter qur’ani. Perkembangan era globalisasi menguji lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren sebagai garda terdepan dalam menjaga generasi bangsa dari pengaruh budaya luar yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yaitu : 1) observasi mengenai implementasi pendidikan karakter qur’ani di Pesantren Al-Qur’aniyah; 2) wawancara, yakni penulis melakukan wawancara kepada pimpinan pesantren, kepala bidang pendidikan, kepala sekolah, musyrif dan wali murid serta santri; 3) dokumentasi, yakni foto dengan nara sumber wawancara, foto saat pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan-kegiatan yang meningkatkan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pesantren Al-Qur’aniyah mengimplementasikan dan mengembangkan konsep dan nilai pendidikan karakter qur’ani seperti karakter Tauhid, Iman dan Takwa; Nilai Karakter Qur’ani/ Ahl al-Qur’an; Kejujuran; Kemandirian; Kepedulian Sosial dan Gotong Royong; Kesederhanaan; Kedisiplinan; Patriotisme dan Bela Negara/ Hubbul Wathan; Nilai Kompetitif/ Fastabiq al-khairâh. 2). Implementasi Pendidikan Karakter Qur’ani di Pesantren Al-Qur’aniyah dilakukan dengan pendekatan berbasis kajian dan kelas, ekstrakurikuler, budaya pesantren, dan berbasis masyarakat. 3). Diantara faktor yang mendukung implementasi pendidikan karakter di Pesantren Al-Qur’aniyah antara lain motivasi santri, peran kyai, ustadz, lingkungan Pesantren, daya dukung orangtua, daya dukung sarana dan daya dukung masyarakat. Adapun Faktor yang menghambat impelmentasi pendidikan karakter qur’ani adalah kurangnya motivasi santri; Pergeseran mindset dan sikap orangtua terhadap pesantren; Nilai / lingkungan rumah dan perkembangan teknologi (gadget). 4). Strategi yang dilaksanakan dalam Implementasi pendidikan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah adalah do’a, keteladanan, pembiasaan, nasihat, musabâqoh, serta reward and punishment. Pendekatan Implementasi pendidikan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah antara lain melalui moral knowing, moral feeling dan moral doing. 5). Potret hasil implementasi pendidikan karakter Al-Qur’aniyah adalah baik yang tergambar dari testimoni orangtua yang merasa puas dengan perkembangan santri dan capaian prestasi akademik maupun non akademik khusunya dibidang Al-Qur’an baik level nasional maupun internasional. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Karakter Qur’ani en_US
dc.subject Pesantren en_US
dc.title Implementasi Pendidikan Karakter Qur’ani (Studi Analisis Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account