dc.contributor.advisor |
Sri Tuti Rahmawati |
|
dc.contributor.author |
Natijatul Kamilah, 18311923 |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-05T03:45:56Z |
|
dc.date.available |
2022-10-05T03:45:56Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1899 |
|
dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Takrīr dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Pada Mata Pelajaran Taḥfīẓ di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi. Apa yang menjadikan faktor pendukung keberhasilan menghafal Al-Qur’an dan apa faktor penghambat keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam meneliti skripsi ini deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif.
Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari data primer yang diperoleh dengan cara wawancara kepada narasumber dan informan yang terkait. Hasil penelitian skripsi dapat disimpulkan, di antaranya: 1. Implementasi metode Takrīr di SMPIT Al-Ittihad telah diterapkan oleh guru untuk para siswa dengan cara menTakrīr ayat demi ayat beberapa kali pengulangan, sehingga ayat tersebut sudah hafal dan menyetorkan hafalan ke Guru Taḥfīẓ. 2. Faktor pendukung keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an ialah menyetorkan hafalan surat, Guru Taḥfīẓ yang senantiasa mebimbing, adanya ujian sekolah dan MHQ (Musabaqah Hifzhul Qur’an). 3. Faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an ialah siswa masih belum bisa mengatur waktu dengan baik, siswa kurang memahami manfaat metode Takrīr dan sarana prasana yang kurang baik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Al-Qur’an |
en_US |
dc.subject |
Metode Takrīr |
en_US |
dc.subject |
Menghafal |
en_US |
dc.title |
Implementasi Metode Takrīr dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Mata Pelajaran Taḥfīẓ di SMPIT Al-Ittihad Kota Bekasi |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |