dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya wanita yang
sudah berkeluarga memilih untuk menjadi wanita karier. Sebab di samping
perannya sebagai istri dan seorang ibu, seorang wanita karier juga memiliki
tanggung jawab terhadap pekerjaannya.
Tujuan skripsi ini mengetahui peran ibu (wanita karier) sebagai
madrasah al-ûlâ dalam pendidikan akhlak anak, dan kendala apa yang
dialami dalam menjalankan peran ganda sebagai seorang ibu sekaligus
wanita karier.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di Desa Telawah
Grobogan. Sumber data utama penelitian ini ialah wanita karier yang
memiliki anak usia sekolah dasar di Desa Telawah Grobogan. Adapun
sumber data sekunder ialah suami-suami yang beristri wanita karier, anakanak
dari wanita karier, Kepala Desa Telawah, serta referensi berupa buku,
dan artikel jurnal. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran seorang ibu yang
berprofesi sebagai wanita karier sudah dimulai dan diterapkan sejak dalam
kandungan, masa kanak-kanak. Dan (2) Kendala yang dialami wanita karier
dalam menjalankan peran ganda yang dimilikinya ialah: a. Keterbatasan
waktu bersama anak sehingga kurang perhatian kepada anak; b. Ketika
bekerja harus menitipkan anak kepada orang lain; c. Tenaga yang terbatas
sehingga kurang maksimal dalam menjalankan perannya sebagai ibu rumah
tangga sekaligus wanita karier |
en_US |