DSpace Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Di SMK Al-Ikhwaniyah Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Indah Setyowati, 18312007
dc.date.accessioned 2022-10-05T05:03:59Z
dc.date.available 2022-10-05T05:03:59Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1910
dc.description.abstract Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di SMK Al-Ikhwaniyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa KELAS XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di SMK Al-Ikhwaniyah dilakukan dengan cara menjelaskan keutamaan dan manfaat membaca Al-Qur’an, mengunakan metode Qiroati dan hafalan, memberi motivasi dalam membaca Al-Qur’an, memberikan tugas membaca dan menghafal Al-Qur’an ketika di rumah, memberikan hadiah dan pujian kepada siswa yang pandai dan rajin membaca Al-Qur’an. Faktor yang mendukung diantaranya adalah pemberian hadiah dan motivasi, sedangakan faktor penghambat adalah munculnya rasa malas dalam diri siswa dan lingkungan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Di SMK Al-Ikhwaniyah Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account