DSpace Repository

Pengaruh Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 235 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syaidah Rena
dc.contributor.author Marhamah Nasution, 18312011
dc.date.accessioned 2022-10-05T05:06:56Z
dc.date.available 2022-10-05T05:06:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1911
dc.description.abstract Komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa sangat dibutuhkan dalam menciptakan kedisiplinan dan tanggung jawab sisiwa. Hal ini disebabkan karena komunikasi interpersonal bersifat dialogis, yaitu berupa percakapan dan dapat terjadi arus balik atau tanggapan secara langsung dari komunikan sehingga dianggap paling efektif dalam mengubah tingkah laku seseorang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada aspek disiplin dan tanggung jawab di SMPN 235 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 7 di SMPN 235 Jakarta dengan jumlah sampel 141 orang, dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode random sampling. Instrumen penelitian ini dengan penyebaran angket menggunakan skala likert, kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics ver. 26. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji regresi linier sederhana, nilai signifikansi 0,004 yang menyatakan bahwa jika nilai signifikansi < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru PAI terhadap pembentukan karakter disiplin siswa sebesar 6% sisanya 94% di pengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi 0,034 yang menyatakan bahwa jika nilai signifikansi < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru PAI terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa sebesar 3,2% sisanya 96,8% di pengaruhi faktor lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Pembentukan Karakter en_US
dc.title Pengaruh Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 235 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account