DSpace Repository

Gambaran Kurikulum Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Putri Nazela, 18312024
dc.date.accessioned 2022-10-05T05:12:19Z
dc.date.available 2022-10-05T05:12:19Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1913
dc.description.abstract Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran atau gambaran kurikulum tahfizh Al-Qur’an. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum tahfizh Al-Qur’an dan untuk mengetahui bagaimana pencapaian target hafalan Al-Qur’an siswi di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02. Sumber data utama adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum tahfizh, guru tahfizh Al-Qur’an dan beberapa siswi yang telah mencapai target hafalan. Pada sumber kedua penelitian yaitu buku, jurnal, skripsi dan sumber dokumen hasil observasi berupa foto, hasil wawancara berupa catatan lapangan, dokumentasi berupa hasil penelitian terdahulu lalu untuk teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Bahwasanya pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 memiliki 3 aspek yang menjadi acuan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu kelancaran, kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid dan fashahah. Dalam pelaksanaan kurikulum tahfizh memuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum tahfizh. Perencanaan dengan melakukan analisis kebutuhan siswi, harapan masyarakat dan tentunya tujuan dari kurikulum yakni tercapainya target hafalan Al-Qur’an 5 juz untuk tahfizh reguler. Pelaksanaan kurikulum tahfizh dimulai dengan pendataan dan seleksi agar mendapatkan sususan dari pada halaqah tahfizh, pelaksanaan tersebut meliputi kurikulum, sarana pra sarana dan tenaga kependidikan. Evaluasi kurikulum tahfizh terhadap target hafalan dibagi menjadi dua, yaitu penilaian harian dan penilaian semesteran. Adapun metode penilaian terbagi menjadi dua, yaitu metode ummi dan metode tasmi’ en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject kurikulum tahfizh en_US
dc.subject target hafalan en_US
dc.subject tahfizh Al-Qur’an en_US
dc.title Gambaran Kurikulum Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account