DSpace Repository

Peran Guru Tahfiẓ Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Laelatul Mukharomah, 18312044
dc.date.accessioned 2022-10-05T05:24:02Z
dc.date.available 2022-10-05T05:24:02Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1917
dc.description.abstract Pada zaman yang sudah modern seperti ini menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan yang tidak mudah dilakukan oleh para remaja apalagi ditambah dengan berbagai kegiatan di sekolah. Mereka harus mampu meluangkan waktu untuk menghafal dan muraja’ah Al-Qur’an. Hal ini menjadi tantangan bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi yaitu: peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa berjalan dengan efektif setiap waktunya, setiap harinya siswa selalu dibimbing untuk muraja’ah pagi sebelum pembelajaran dimulai, target hafalan yang harus dicapai siswa 1 juz yaitu juz 30, reward atau penghargaan yang diberikan pihak sekolah untuk siswa yang mencapai target hafalan dengan memberikan sertifikat tahfiẓ Al-Qur’an agar siswa lebih termotivasi untuk terus menghafal Al-Qur’an, harapan dan cita-cita untuk kedepannya pada program tahfiẓ Al-Qur’an ini karena memang lembaga yayasan sendiri lembaga Islam jadi lebih mengedepankan program keIslaman seperti hafalan Al-Qur’an minimal juz 30 mereka sudah hafal en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru Tahfiẓ en_US
dc.subject Motivasi Menghafal en_US
dc.title Peran Guru Tahfiẓ Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account