DSpace Repository

Peran Extended Family dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Ta hun (Studi Kasus terhadap Anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin Jawa Barat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Ghina Nabila Yusuf, 18320013
dc.date.accessioned 2022-10-26T03:48:48Z
dc.date.available 2022-10-26T03:48:48Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2053
dc.description.abstract Kecerdasan emosional menjadi sangat penting dewasa ini, karena memiliki dampak yang baik bagi kesuksesan seseorang. Kecerdasan emosional ini harus dibentuk sejak anak usia dini untuk membantunya bersosialisasi dengan orang lain dan menjalani hidupnya dengan baik. Namun, anak usia dini tidak mampu mengelola emosinya sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Maka dari itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Tetapi, tidak semua orang tua mampu menjalankan tugasnya sebagai orang tua, seperti halnya anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin yang hampir semuanya tinggal dengan extended family-nya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran extended family dalam perkembangan kecerdasan emosional anak TKW usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari MDTA Raudlatul Muta’allimin. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa peran yang dilakukan oleh extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang dengan baik. Di sisi lain peran yang dilakukan oleh extended family A menjadikan perkembangan kecerdasan emosional A berkembang dengan baik melalui kebebasan bemain yang diberikan kepada A. Sedangkan dampak dari peran extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang baik dan mempu bersosialisasi dengan baik di lingkungannya, namun dampak dari peran extended family A menyebabkan ia belum memahami peraturan dan tata krama di sekitarnya, meskipun ia memiliki kemampuan sosial yang cukup tinggi terhadap teman-temannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Extended Family en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Peran Extended Family dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Ta hun (Studi Kasus terhadap Anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin Jawa Barat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account