DSpace Repository

“Penerapan Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa MI Attaqwa 32 Bekasi Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Elviza Rahmawati, 18311907
dc.date.accessioned 2022-10-26T04:50:36Z
dc.date.available 2022-10-26T04:50:36Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2064
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kesadaran pribadi siswa dalam membiasakan nilai-nilai keagamaan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwasanya penerapan metode pembiasaan di MI Attaqwa 32 Bekasi Utara dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa dalam aspek nilai akhlak, nilai ibadah, dan nilai akidah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Attaqwa 32 Bekasi Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, wakabid kurikulum, dan guru PAI, sedangkan sumber data sekunder berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel, dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan. Hal ini dilihat dari beberapa aspek, Pertama, aspek nilai akhlak terlihat dari sikap dan akhlak mulia siswa. Kedua, aspek nilai ibadah dapat dilihat siswa cukup aktif dan antusias dalam mengikuti pembiasaan ibadah di sekolah. Ketiga, aspek nilai akidah dapat dilihat dari pembiasaan nilai akhlak dan ibadah yang telah dilakukan siswa di sekolah yang dianggap sebagai penyempurnaan nilai akidah siswa. Penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan siswa sudah berjalan dengan baik walaupun terkadang dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala. Adapun faktor pendukung dari dalam siswa yaitu secara umum siswa sudah patuh terhadap peraturan di sekolah dan cukup aktif, antusias dalam melaksanakannya. Sedangkan dari luar siswa, guru yang semangat membina dan memberi pantauan langsung dalam kegiatan pembiasaan siswa, peran orang tua yang bekerja sama dengan sekolah dalam mengawasi perilaku siswa sehingga siswa terbiasa dalam hal-hal ibadah dan akhlak yang baik, kegiatan-kegiatan pendukung lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler, dan sarana-prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih adanya siswa belum mampu membiasakan nilai-nilai keagamaan. Kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembiasaan siswa, kurangnya kesadaran pribadi siswa dalam membiasakan nilai-nilai keagamaan siswa, dan masih ada siswa yang enggan dalam mengikuti kegiatan pembiasaan yang ada di sekolah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Pembiasaan en_US
dc.subject Nilai-Nilai Keagamaan en_US
dc.title “Penerapan Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keagamaan Siswa MI Attaqwa 32 Bekasi Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account