DSpace Repository

Efektivitas Kesesuaian Waktu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMAQ al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Maulida Yunita Rahmah, 18311920
dc.date.accessioned 2022-10-26T05:01:06Z
dc.date.available 2022-10-26T05:01:06Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2068
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan waktu pembelajaran yang tidak seperti pelajaran umum lainnya yaitu pada malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMAQ Al-Ihsan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMAQ Al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah SMAQ Al-Ihsan, guru Pendidikan Agama Islam dan empat orang siswi SMAQ Al-Ihsan. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumentasi-dokumentasi yang diambil langsung ketika penulis observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada malam hari SMAQ al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan sudah cukup efektif, terlihat dari beberapa indikator yang telah tercapai, yaitu pertama indikator dalam segi mutu atau kualitas. Kedua, indikator kesesuaian tingkat pengajaran. Ketiga, indikator insentif, dan yang terakhir indikator waktu. Walaupun SMAQ al-Ihsan sudah mencapai indikator efektivitas pembelajaran, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, baik dari segi pendidik dan peserta didik. Hasil pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada malam hari sudah cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari tercapainya indikator hasil belajar peserta didik dan nilai akhir yang di atas rata-rata. Selain itu dilihat dari outcome-nya SMAQ al-Ihsan mampu bersaing dengan peserta didik umum lainnya. Salah satunya SMAQ al-Ihsan berhasil masuk perguruan tinggi negeri baik di dalam maupun di luar negeri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject pembelajaran malam hari en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Efektivitas Kesesuaian Waktu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMAQ al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account