dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penerapan metode talaqqi untuk menghafal Al-Qur'an mengurangi penggunaan perangkat dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pendekatan deskriptif dengan teknik analisis data. Reduksi data, penyajian data, dan inferensi.
Hasil penelitian skripsi ini yaitu implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di MTs Yasti 3 Cisaat sangat baik dan efektif, metode ini berperan penting untuk guru dan siswa selain itu metode talaqqi sangat cocok diterapkan bagi siswa yang baru mempelajari Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam penerapan metode tersebut antara lain, semangat para siswa dalam ingin mengatahui dan memahami makharijul huruf kemudian sumber belajar yang memadai seperti metode maisura, metode bagdadi dan beberapa buku tajwid lainnya. Sedangkan faktor penghambat diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam mengucapkan makharijul huruf yang tepat, manajemen waktu dalam menghafal yang belum bisa diatur dengan baik oleh para siswa dan sarana prasarana yang kurang memadai. Kemudian para siswa tidak diperkenankan menggunakan dan bermain gadget karena para siswa ditekankan untuk menuntaskan dan konsenterasi terhadap hafalannya dengan demikian para siswa tidak memiliki waktu yang banyak untuk meluangkan waktunya dengan bermain gadget melainkan untuk menghafal dan menyetor hasil hafalan yang telah dihafal kepada pembimbing tahfizh. |
en_US |