DSpace Repository

Penggunaan Metode Bagdadi Dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Makhorijul Huruf Pada Siswa Kelas X Smkn 3 Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Siti Nur Alfiyah, 18311938
dc.date.accessioned 2022-10-26T05:18:46Z
dc.date.available 2022-10-26T05:18:46Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2074
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa SMKN 3 Kota Tangerang Selatan kelas X OTKP 2 masih mengalami kesulitan membaca Al-Qur‟an karena faktor kurangnya pemahaman dalam ilmu tajwid. Setelah ditelusuri lebih dalam tentang penguasaan ilmu tajwid siswa, dalam proses belajaran membaca Al-Qur‟an dengan metode yang sebelumnya, siswa tidak belajar mengenai tempat keluarnya huruf yaitu makhorijul huruf, siswa hanya belajar bagaimana bunyi hurufnya saja dan hukum bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode Bagdadi yang diterapkan dan melihat peningkatan dalam pemahaman makhorijul huruf setelah menggunakan metode bagdadi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif tipe pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest Postest. Sumber data didapat dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan. Tehnik pengolahan data yang pertama untuk uji instrumen dengan melakukan uji va-liditas dan uji reliabilitas dan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji normalitas data dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perbandingan nilai pretest dan nilai posttest siswa menunjukkan peningkatan, yang mana, siswa yang mendapat nilai sangat baik meningkat 2 orang, siswa yang mendapat nilai baik meningkat 13 orang, kemudian siswa yang mendapat nilai cukup meningkat 4 orang , siswa yang mendapat nilai tidak baik menurun 18 orang , dan siswa yang mendapat nilai sangat tidak baik menurun 1 orang. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 25 maka didapatkan hasil asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan angka 0.000 yang mana angka tersebut kurang dari 0.05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka hipotesis diterima yaitu hipotesis Ha di terima atau dengan kata lain penggunaan metode Bagdadi meningkatkan pemahaman makhorijul huruf siswa kelas X OTKP 2 SMKN 3 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject siswa en_US
dc.subject metode Bagdadi en_US
dc.subject makhorijul huruf en_US
dc.subject metode en_US
dc.title Penggunaan Metode Bagdadi Dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Makhorijul Huruf Pada Siswa Kelas X Smkn 3 Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account