DSpace Repository

Pengaruh Kualitas Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 52 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.author Sandra Deviana, 18311984
dc.date.accessioned 2022-10-26T07:21:53Z
dc.date.available 2022-10-26T07:21:53Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2093
dc.description.abstract Guru sebagai pendidik formal di sekolah, memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran di sekolah. Selain itu guru juga memikul tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, terutama guru agama dalam mengajar bidang studinya, karena guru agama dalam mengajar bukan hanya mengajar tetapi juga harus melaksanakan Pendidikan dan pembinaan. Oleh sebab itu guru dituntut mempersiapkan diri agar memiliki keterampilan dan kualitas pengajaran yang baik. Sekolah sebagai tempat dalam menuntut ilmu, kegiatan proses belajar mengajar, serta memiliki akhlak yang baik maka peran guru sangat diperlukan sebagai prestasi belajar siswa, terutama guru PAI yang berkontribusi terhadap pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh kualitas guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 52 Jakarta. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode observasi, wawancara, dan angket. Pengumpulan data diperoleh dengan mengelompokkan variabel independen (X) yaitu kualitas pengajaran guru PAI dengan variabel dependen (Y) yaitu prestasi belajar siswa dimana sampel penelitian terdiri dari 40 siswa baik laki-laki maupun perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas guru PAI terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengujian korelasi yang mana terdapat nilai korelasinya sebesar -0,382, dan nilai signifikansinya sebesar 0,015. Artinya, karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara kualitas guru PAI dengan prestasi belajar siswa dan kualitas guru PAI berhubungan secara positif terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi yang sangat rendah namun tetap mempengaruhi antar kedua variabel tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kualitas guru PAI en_US
dc.subject prestasi belajar siswa en_US
dc.subject SMAN 52 Jakarta en_US
dc.title Pengaruh Kualitas Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 52 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account