DSpace Repository

Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 235 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Rifdah Meidianty, 18312026
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:01:13Z
dc.date.available 2022-10-26T08:01:13Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2100
dc.description.abstract Keberhasilan suatu proses pembelajaran dipengaruhi banyak sekali faktor, salah satu diantaranya ialah pemilihan model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan pengamatan siswa kelas VIII SMP Negeri 235 Jakarta, penggunaan model pembelajaran oleh guru belum bervariatif, penggunaan metode ceramah yang monoton membuat beberapa siswa terlihat jenuh mendengarkan penjelasan guru dan beberapa siswa lainnya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Model penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif melalui penerapan model pembelajaran VAK. Data diperoleh dari lembar pengamatan, wawancara, dan tes yang kemudian dianalisis dalam bentuk pesentase dengan subjek penelitian beberapa siswa kelas VIII SMP Negeri 235 Jakarta. Temuan hasil penelitian ini bahwa melalui model pembelajaran visual Auditori Kinestetik (VAK) yang inovatif ini dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman materi yang guru sampaikan. Naiknya tingkat keaktifan dan sikap kritis siswa terhadap suatu pembahasan materi membuat siswa semakin luas akan pengetahuan yang didapat. Suasana kelas yang terasa fun dan nyaman tidak lagi terasa jenuh, melainkan siswa menikmati proses belajar yang berlangsung. Pembelajaran yang sebelumnya membosankan dan monoton menjadi lebih menyenangkan sehingga seiring berjalannya waktu, minat belajar siswa meningkat dalam memahami materi pembelajaran Islam dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran VAK en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 235 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account