DSpace Repository

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SDIT Al-Muhajirin Jakarta Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Sri Lutfiatul Ulfa, 18312030
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:03:52Z
dc.date.available 2022-10-26T08:03:52Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2101
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Melihat kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik SDIT Al-Muhajirin Jakarta Utara masih belum lancar, sehingga diperlukan strategi untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an peserta didik menjadi lebih baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Mengingat sekolah tersebut termasuk ke dalam ranah sekolah agama yang mengharuskan peserta didiknya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Tujuan skripsi untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di SDIT Al-Muhajirin Jakarta Utara. Data yang digunakan data primer yang diambil dari informan wawancara yaitu guru PAI SDIT Al-Muhajirin, kepala sekolah SDIT Al-Muhajirin, peserta didik dan orang tua SDIT Al-Muhajirin dan data sekunder berupa buku maupun jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Temuan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SDIT Al-Muhajirin, pertama, menggunakan metode qiroati dengan strategi sorogan, strategi pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran; kedua, guru menuntun bacaan Al-Qur’an, guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya; ketiga, guru menstimulus peserta didik dengan memberikan latihan hafalan Al-Qur’an; keempat, klasikal baca simak peserta didik dites satu persatu dan disimak oleh peserta didik lainnya. Melalui strategi tersebut maka kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik mengalami peningkatan disetiap pertemuannya sebagaimana hasil wawancara dengan guru PAI, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata peserta didik 86. Terdapat dua faktor yang meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, faktor internal yaitu, bakat, minat, motivasi, latihan, pengulanga. Faktor eksternal yaitu bimbingan orang tua, guru, masyarakat (lingkungan), rutinitas tahsin setiap harinya di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Guru PAI en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di SDIT Al-Muhajirin Jakarta Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account