DSpace Repository

Penerapan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMA Arrahman Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Usmayanti Nur Haliza, 18312033
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:08:36Z
dc.date.available 2022-10-26T08:08:36Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2103
dc.description.abstract Pendidikan agama islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama islam agar peserta didik mampu mengatahui, memahami, serta mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan pembelajaran SMA Arrahman menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jigsaw adalah suatu struktur multifungsi struktur kerjasama belajar. Pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal, yaitu kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan, jenis kelamin dan latar belakang keluarga yang beragam. Kelompok ahli, yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda ditugaskan untuk mempelajari dengan topiknya untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses penerapan metode Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Arrahman Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini dengan melakukan observasi ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa di SMA Arrahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI-BP kelas X di SMA Arrahman dengan berdiskusi/kerja kelompok, prensetasi dan tutoring teman sebaya berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar karna secara keseluruhan hasil belajar siswa berada diatas nilai rata-rata. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMA Arrahman Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account