DSpace Repository

Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP Kelas XI SMK Al-Ikhwaniyah Pondok Aren Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Nurul Rahmah, 18312049
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:28:59Z
dc.date.available 2022-10-26T08:28:59Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2110
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Card Sort terhadap motivasi belajar siswa SMK Al-Ikhwaniyah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Al-Ikhwaniyah yang berjumlah 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, awancara dan kuesioner (angket). Uji validitas instrument menggunakan korelasi product Moment, uji reliabel menggunakan rumus uji realibilitas metode belah dua dengan perhitungan reabilitas spearman brown dan teknik analisis data menggunakan rumus kai kuadrat. Uji hipotesis penelitian ini adalah menghitung dengan rumus statistik dan diakuratkan dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 25 yang terdapat pada lampiran-lampiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh metode card sort tidak berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil Kai Kuadrat tabel (X𝟐 hitung) 1,26 lebih kecil dari Kai Kuadrat tabel (X𝟐 tabel ) pada taraf signifikan 1% =9,210 dan pada taraf signifikan 5% sebesar 5,991 atau 9,210 > 1,26< 5,991. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP SMK Al-Ikhwaniyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Setelah penulis membahas, melakukan penelitian, menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode card sort terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP kelas XI SMK Al-Ikhwaniyah, dikatakan tidak berhasil, dapat dilihat dan diamati dari perhitungan hasil angket, setelah diterapkannya metode card sort, motivasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Ikhwaniyah pada mata pelajaran PAIBP dikatakan kurang baik /Menurun. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP SMK Al-Ikhwaniyah Pondok Aren Tangerang Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Card Sort en_US
dc.subject Mata Pelajaran PAIBP en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP Kelas XI SMK Al-Ikhwaniyah Pondok Aren Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account