DSpace Repository

Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa (Studi Kasus Kelas 5 SD Bani Saleh 2 Bekasi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Safiera Rachmatusifa, 18312053
dc.date.accessioned 2022-10-26T08:31:21Z
dc.date.available 2022-10-26T08:31:21Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2111
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang implementasi metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di SD Bani Saleh 2 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interaktif jenis studi kasus dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan, bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa (Studi Kasus Kelas 5 SD Bani Saleh 2 Bekasi) yaitu: Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz di SD Bani Saleh 2 Bekasi telah berjalan sejak tahun 2016 sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan, Adapun dalam penggunaan metode pembelajaran tahfiz sekolah belum menggunakan metode khusus dan selama ini metode tahfiz yang digunakan oleh guru tahfiz kelas 5 adalah gabungan dari beberapa metode yang sudah ada, yaitu: Metode Talaqqi, Metode Takrir, Metode Simai’, dan Metode Tasmi’. Adapun upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa adalah dengan menambahkan mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), memiliki ekstrakulikuler iqro/tahsin, mengadakan kegiatan Tasmi’ Hifzul Qur’an. Demikian hasil yang diperoleh adalah rata-rata siswa dapat mencapai target hafalannya bahkan ada yang hampir melampaui target. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Pembelajaran en_US
dc.subject Tahfiz Al-Qur’an en_US
dc.subject Kualitas Hafalan en_US
dc.title Implementasi Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa (Studi Kasus Kelas 5 SD Bani Saleh 2 Bekasi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account