dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh
Media Pembelajaran (X1) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) terhadap Hasil
Belajar Geografi (Y).
Hipotesis yang diuji adalah: (1) hasil belajar Geografi siswa yang
diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Program Aplikasi Google
Earth lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan media
pembelajaran konvensional, (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran
dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Geografi, (3) Pada siswa
yang mempunyai motivasi belajar tinggi. hasil belajar Geografi siswa yang
diajar dengan menggunakan media pembelajaran Program Aplikasi Google
Earth lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan media pembelajaran
konvensional, (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil
belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran
konvensional lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan
media pembelajaran Program Aplikasi Google Earth.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah
42 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi
dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa
reliabilitasi instrument hasil belajar Geografi mempunyai Alpha Cronbach rii
= 0.944, dan motivasi belajar siswa mempunyai Alpha Cronbach rii = 0.956.
Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan media
Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar
Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan media konvensional.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh
harga Fhitung lebih dari harga Ftabel yaitu 7.392 > 4,04 dengan
menggunakan α = 0,05.
2. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhitung lebih
dari Ftabel yaitu 43.331 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05.
3. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, hasil belajar
Geografi siswa diajar dengan menggunakan media Program Aplikasi
Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar Geografi siswa yang
diajar dengan media pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari
hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh
harga thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 6.577 > 2.682 dengan
demikian Ho ditolak.
Dan pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Hasil belajar
Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan Program Aplikasi
Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar Geografi siswa diajar
dengan menggunakan media konvensional. Ini dapat dilihat dari hasil
perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga
thitung lebih besar dari pada harga ttabel yaitu 2.732 > 0.013 dengan
demikian Ho ditolak.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan
masukan atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi. |
en_US |