Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk mengungkpan kurikulum pendidikan karakter religius di dalam buku Miftāh dāri as-Sa’ādah, yang didalamnya terdapat tujuan pendidikan karakter religius, metode pendidikan dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kepustakaan (library research) dengan menggunakan data primer Miftāh dāri as-sa’ādah.
Hasil penelitian ini yaitu: Dalam kitab Miftah Dâris Sa'âdah wa Mansyuru Wilayah Al ‘ilmi wa Al irâdah terdapat unsur-unsur kurikulum pendiddikan: yang pertama Tujuan pendidikan yaitu, mengajarkan atau menanamkan karakter religius kepada murid disertai atau didasari dengan ilmu agama, dengan menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang berhak dan wajib untuk disembah, itu merupakan dari ciri-ciri ilmu yang bermanfaat. Yang kedua Metode yaitu dengan Kisah, Pujian, Ganjaran, tarhib dan targhib, dan Tadabbur metode-metode ini semua merupakan sebuah jalan untuk memperbaiki karakter manusia sehingga memiliki kunci kebahagiaan didunia dan akhirat. Yang ketiga: evaluasi yaitu, berupa aspek kognitif berupa senantiasa belajar dan berfikir, dan berupa aspek afektif dan aspek psikomotorik berupa sikap beramal sholih sesuai ilmu dan hatinya selalu terikat dengan Sang Pencipta yaitu Allah SWT.