DSpace Repository

Paradigma pendidikan islam dalam perspektif KH. Hasyim Asy' Ari (Telaah atas kitab Adab al-Alim wa al-muta'allim)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anshori
dc.contributor.author Euis Nurlaelati, 01310600
dc.date.accessioned 2022-11-02T05:51:59Z
dc.date.available 2022-11-02T05:51:59Z
dc.date.issued 2006
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2210
dc.description.abstract Penelusuran terhadap perkembangan peradaban dan kemajuan Islam dalam sejarahnya yang cukup panjang, akan menghadapi problematika sendiri ketika tidak mengapresiasi teori-teori dan eksperimen pendidikan Islam. Sebab pendidikan merupakan elan vital dalam trasformasi peradaban umat manusia". 1 "Pendidikan Islam menciptakan kekuatan-kekuatan yang mendorong untuk mencapai tujuan dan sekaligus menentukan perencanaan dan arah tujuan tersebut".2 Dengan demikian, dinamika sebuah peradaban, mau tidak mau, akan melibatkan peradaban pendidikan, sungguhpun dalam kapasitas yang sederhana. Maka tidak berlebihan kiranya, kalau a<la sebuah asumsi yang muncul kepermukan, bahwa untuk melihat kemajuan sebuah negara, harus dilihat bagaimana dinamika perkembangan dunia pendidikannya. Apabila orang menganggap peradaban Islam itu sebagai titik perkembangan yang penting dalam sejarah manusia, karena ia mengandung unsur-unsur yang membawa perubahan-perubahan intellektual (intelektual), sosial dan politik, maka demikian pula orang harus melihat pada pendidikan Islam yang merupakan fundamen bagi perubahan tersebut, dan sebagai pendidikan yang mempunyai pengaruh-pengaruh serta keistimewaan-keistimewaan yang memberikan corak­corak yang berbeda dengan pendidikan yang lain Pendidikan Islam tampil sebagai suatu bentuk intelektual dan spiritual baru yang merupakan hasil perka􀀿inan antara semangat al-Qur'an dengan peradaban­peradaban manusia. Sementara, ilmu dan iman menjadi poros utamanya dalam pendidikan Islam. "Jika sistem pendidikan tidak berlandaskan pada iman dan ilmu, maka tidak akan mampu merealisasikan kebahagian hidup dengan sempurna. Oleh karena dengan sistem ini, pendidikan akan mampu merealisasikan ketenangan dan kemantapan jiwa anak serta menghormati kepribadian individual". Islam sebagai ajaran yang datang dari Allah, sesungguhnya merefleksikan nilai-nilai pendidikan yang mampu membimbing dan mengarahkan manusia, sehingga menjadi manusia sempurna. Islam sebagai universal telah memberikan pedoman hidup, yang mencapainya bergantung pada pendidikan. Pendidikan merupakan kunci penting untuk membuka jalan kehidupan manusia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject KH. Hasyim Asy'Ari en_US
dc.subject Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim en_US
dc.title Paradigma pendidikan islam dalam perspektif KH. Hasyim Asy' Ari (Telaah atas kitab Adab al-Alim wa al-muta'allim) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account