dc.description.abstract |
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penerapan metode
diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.
Pada pembelajaran mata pelajaran fiqih, menurut penulis,
seringkali dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah
dan siswa selalu sebagai pendengar tanpa adanya aktivitas,
sehingga terkesan monoton, hal ini yang menjadi latar
belakang penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah
Tsanawiyah Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-Test
and Post-Test Design. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B
Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sukalila Jatibarang
Indramayu. Kelas VIII A berjumlah 20 siswa sebagai kelas
eksperimen dengan menggunakan metode diskusi, dan kelas
VIII B dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan
adalah tes hasil belajar berupa 20 soal berbentuk pilihan ganda.
Teknik analisis data menggunakan uji “t” (uji beda), untuk
menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel
distribusi “t” pada taraf signifikansi 0,05%.
xiv
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode diskusi
berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTs
Darussalam Sukalila, hal ini dibuktikan dengan Tes hasil
belajar pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata nilai
pretest 56,7 dan skor posttest 82,4 dan pada kelas kontrol skor
rata-rata nilai pretest 55,7 dan skor posttest 77,9, kelas
eksperimen menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan
dengan kelas kontrol, dan Hasil perhitungan hipotesis posttest
dengan menggunakan uji t pada taraf kepercayaan a = 0,05
yaitu diperoleh hasil Thitung > Ttabel yaitu 2,214 > 2,024. Hasil
dari penelitian yang telah dilakukan ini menyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode
pembelajaran diskusi terhadap peningkatan hasil belajar fiqih
siswa. |
en_US |