dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang efektivitas Praktik Profesi
Keguruan Terpadu (PPKT) Angkatan 2011. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2015. Populasi penelitian ini adalah
seluruh mahasiswa program studi pendidikan agama islam (PAI) yang telah
mengikuti Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), adapun jumlah mahasiswa
sebanyak 57 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif,
dengan menggunakan analisis product moment. Adapun metode pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Angket yang
peneliti buat adalah angket tertutup sebanyak 45 item yang berbentuk pertanyaan
yang harus dijawab oleh mahasiswa. Sedangkan, studi dokumentasi diperoleh dari
dokumen penilaian kegiatan selama Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa program studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap efektivitas pelaksanaan Praktik Profesi
Keguruan Terpadu (PPKT), studi kasus Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur‟an
(IIQ) Jakarta Angkatan 2011, terjadi korelasi atau hubungan yang negatif atau
tidak berjalan searah.
Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment, maka pada taraf
signifikansi 1% sebesar 0,325, dimana r tabel dengan df sebesar 55 pada taraf
signifikansi 5% didapat sebesar 0,250. Membandingkan besarnya nilai rxy yang
diperoleh adalah 0,0181, sedangkan r tabel masing-masing sebesar 0,325 dan
0,250 dengan demikian nilai rxy lebih rendah/kecil dari nilai r tabel, berarti
hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan Hipotesis nol (Ho) diterima. |
en_US |