Abstract:
Ruang kelas adalah lingkungan pedagogis di mana berlangsungnya komunikasi antara tenaga pengajar dan para siswa. Melalui komunikasi timbal balik itu diusahakan tercapainya berbagai tujuan pendidikan, yang diantaranya semua tujuan intruksional umum dan intruksional khusus mendapat perhatian yang cukup besar. Untuk itu perlu penciptakan suasana yang mendukung proses belajar-mengajar. Dalam hal ini guru memikul tanggungjwab yang besar. "Meskipun dengan majunya laju perkembangannya siswa sendiri akan
semakin ikut membangun suasana akademis yang .mendukung atau menghambat. Menciptakan dan mempertahankan suasana kelas yang membentuk siswa untuk dapat berkonsentrasi dalam belajamya dan dengan
demikian akan memperoleh basil belajar yang maksimal".2
Tidak hanya itu · keberhasilan mengajar seorang guru tidak hanya ditentukan oleh hal-hal yang bcrhubungan langsung dengan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar, seperti perumusan tujuan secara tepat dan jelas, pemilihan materi pengajaran yang tepat, serta lengkapnya -sumber-sumber belajar dan kemampuan guru untuk memanfaatkannya secara efektif dan efisien.