dc.description.abstract |
Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasional.
Sedangkan teknik pengambilan sample yang penulis gunakan
adalah teknik random sampling dengan penentuan sample
sebanyak 20 siswa yang mengikuti Kegiatan Tadarus Al-Qur`an.
Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket
wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisi data
menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Hasil Analisis data penelitian menunjukan rxy sebesar 0,606
yang artinya angka indeks korelasi itu bekisar antara 0,40-0,70
berarti antara Rutinitas Tadarus (Variabel X) dan Perkembangan
bacaan Al-Qur`an (Tajwid) siswa (Variabel Y) memiliki korelasi
atau hubungan yang signifikan yaitu korelasi yang cukup atau
sedang.
Kesimpulan di atas berdasarkan atas angka koefisien
korelasi yaitu sebesar 0,606 yang mana nilai rxy ini lebih besar dari
rt (r tabel) baik pada taraf 5% = 0,444 maupun 1% = 0,561, maka
dari itu hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan “Terdapat
Korelasi antara Pengaruh Rutinitas tadarus terhadap perkembangan
bacaan Al-Qur`an (Tajwid) siswa di SMK Teknologi Plus
Padjadjaran Sukabumi diterima”, sedangkan hipotesis nihil (Ho)
yang menyatakan “Tidak Terdapat Korelasi antara Pengaruh
Rutinitas tadarus terhadap perkembangan bacaan Al-Qur`an
(Tajwid) siswa di SMK Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi
18
ditolak”, hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pada
Rutinitas Tadarus terhadap perkembangan bacaan Al-Qur`an
(Tajwid) siswa di SMK Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi. |
en_US |