dc.description.abstract |
Kurik:ulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP ini memiliki empat komponen yaitu tujuan Pendidikan Sekolah, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan, dan Silabus dan RPP. Dengan diterapkannya KTSP ini diharapkan satuan pendidikan mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan k:urik:ulum, rnengelola dan memberdayakan sumber yang tersedia. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan KTSP pada PAI di SDI Al Fikri Bekasi. Dalam kajian teoritis penulis memaparkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan KTSP dan PAI. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket, adapun tekhnik analisis data menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDI Al Fikri telah berhasil menerapkan KTSP pada PAI, pemyataan ini berdasarkan jawaban guru PAI yang menyatakan 7 dari 10 pertanyaan , guru menjawab selalu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan Silabus dan RPP. Dan jawaban siswa-siswi kelas 3 yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu 12 dari 18 pertanyaan siswa menjawab selalu. |
en_US |