DSpace Repository

Sistem Pendidikan Dan Pengembangan Pesantren Dalam Pembentukan Insan Mandiri

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dede Rosyada
dc.contributor.advisor Asep Saepudin Jahar
dc.contributor.author Mohamad Mahrusillah, 212810085
dc.date.accessioned 2019-11-19T02:59:46Z
dc.date.available 2019-11-19T02:59:46Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/229
dc.description.abstract Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik sebagaimana dapat dilihat dari penampilan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah sistem, yaitu sekelompok orang yang hidup bersama dalam sebuah komunitas dengan ikatan-ikatan aturan tertentu. Biasanya, lokasi berdirinya pesantren tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sekitarnya. Keunikan dunia pesantren bisa ditemukan dari tiga unsur penting yang tidak bisa dipisahkan, yaitu santri sebagai anak didik, Kiai sebagai pendidik dan kitab kuning sebagai kurikulum. Sebuah pertanyaan signifikan yang selayaknya dilontarkan ketika mendengar nama pesantren yaitu; mengapa pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan mampu bertahan sampai sekarang di tengah bermunculan konsep pendidikan modern? Saat ini, banyak pesantren melakukan perubahan dengan pendekatan sistemik dalam mengelola kegiatannya dengan harapan para santri dapat secara aktif mengembangkan potensi yang diperlukan untuk dirinya dan masyarakat. Penulis akan mengkaji bagaimana pesantren Maslakul Huda mengatur sistem pesantren dalam mengembangkan tiga elemen penting yang dimilikinya: Pertama, Pesantren sebagai lembaga pendidikan dengan mengedepankan tradisi-tradisi klasik, Kedua, Pesantren sebagai lembaga pengembangan masyarakat, Ketiga, Pesantren secara mandiri mendirikan unit-unit usaha tanpa menghilangkan pengaruhnya di masyarakat. Ketiga elemen tersebut bermuara pada terwujudnya kehidupan bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Metode penelitian kualitatif yang digunakan merujuk pada buku M. Burhan Bugin, yang berjudul Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meng-upgrade ilmu pengetahuan sehingga ilmu pengetahuan itu menjadi lebih up-to-date, canggih, aplicated, serta setiap saat aksiologis bagi masyarakat. Tiga elemen tersebut menjadi laboratorium bagi para santri: laboratorium pendidikan, laboratorium sosial dan laboratorium ilmu bisnis. Oleh karenanya, tiga institusi itu saling melengkapi satu sama lain yang menyatu dalam satu kesatuan lembaga, yaitu Pesantren Maslakul Huda. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.title Sistem Pendidikan Dan Pengembangan Pesantren Dalam Pembentukan Insan Mandiri en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Pesantren Maslakul Huda Kajen Margoyoso Pati Jateng 2014-2015 en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account