dc.description.abstract |
Sistem pendidikan Islam adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan dari pendidikan Islam. Dengan diterapkannya sistem ini di sekolah-sekolah (madrasah-madrasah) dan pesantren-pesantren diharapkan para siswa atau santri memiliki kemampuan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menghadapi kehidupan yang semakin modem ini. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh sistem pendidikan Islam terhadap kehidupan modem di Pondok Pesantren Sunanul Husna Ciputat Tangerang Selatan.
Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan Islam serta kehidupan modem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan angket, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik korelasional Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara sistem pendidikan Islam dengan kehidupan modem. Kemampuan santri dalam menghadapi kel,iidupan modem ini disebabkan karena di Pondok Pesantren Sunanul Husna telah digunakan beberapa media atau teknologi modem dalam sistem pendidikan Islam. Sehingga santri dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mengikuti perubahan dan perkembangan zaman yang semakin modem ini, di samping santri harus tetap dalam pengawasan para guru serta para pengurus Pondok Pesantren. |
en_US |