dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Darul Amal Babelan Bekasi)".
Pendidikan formal merupakan jenjang persekolahan yang sistematis dan terstruktur yang secara sadar dilakukan oleh manusia. Dalam hal ini, yang dimaksud tingkat pendidikan formal orang tua yaitu jenjang persekolahan yang dilalui oleh orang tua baik itu dari tingkat taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA atau sejenisnya sampai perguruan tinggi, diharapkan hal ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan kepada orang tua sebagai bekal membimbing anakanaknya demi keberhasilan hidupnya kelak, terutama dalam memberikan perhatian akan pentingnya kedisiplinan baik itu dalam perilaku kehidupan seharihari maupun dalam hal kegiatan belajar. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap disiplin belajar siswa (studi kasus di MTs Darul Amal Babelan Bekasi).
Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan pendidikan formal orang tua dan disiplin belajar siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan datanya mengguanakan wawancara, observasi dan angket, adapun teknik analisis data menggunakan teknik korelasional product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa faktor pendidikan formal orang tua tidak berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa. |
en_US |