DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Sikap Sosial

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Risma Armawati, 213810105
dc.date.accessioned 2019-11-19T04:07:39Z
dc.date.available 2019-11-19T04:07:39Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/240
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap sikap sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok.. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survey (survey research) dengan pendekatan kausalitas, yaitu suatu cara mengumpulkan informasi dari populasi dengan tujuan untuk menjelaskan dan menerangkan fenomena yang terjadi dengan cara meneliti hubungan pengaruh antar variabel.Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, namun pengambilan sampel dari 9 kelas yang ada dilakukan dengan cara teknik probability sampling, berupa random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode angket. Validitas instrumen angket menggunakan validitas konstruk, konsistensi internal, reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis jalur (t test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berpengaruh langsung positif terhadap sikap sosial siswa, artinya perubahan kualitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) akan menyebabkan peningkatan kualitas sikap sosial siswa. 2. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh langsung positif terhadap sikap sosial siswa, artinya perubahan kualitas model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) akan menyebabkan peningkatan kualitas sikap sosial siswa. 3. Secara parsial Model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigation/GI (X1) dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division/STAD (X2) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap variabel Sikap Sosial Siswa (Y), artinya perubahan kualitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), dan model pembelajaran STAD secara bersama-sama akan menyebabkan peningkatan sikap sosial siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif GI en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif STAD en_US
dc.subject Sikap Sosial Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Sikap Sosial en_US
dc.title.alternative Studi Kausal Materi PAI Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Depok Jawa Barat en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account