DSpace Repository

Pemikiran Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantoro Dan Implementasinya Di SMA Yapink

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.advisor Asep Saepudin Jahar
dc.contributor.author Mohammad Holis, 214810120
dc.date.accessioned 2019-11-19T04:15:26Z
dc.date.available 2019-11-19T04:15:26Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/242
dc.description.abstract Pendidikan karakter merupakan suatu sistem terencana untuk mengembangkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik sehingga menjadi manusia yang berbudi luhur. Karakter dikembangkan sebagai suatu ketrampilan yang baik, dan tindakan yang baik, keterampilan ini dapat ditanamkan dalam standar kurikulum yang dilaksanakan oleh guru dengan memberikan teladan yang baik. Terkait dengan lembaga pendidikan sebagai pelaksana pendidikan karakter, saat ini lembaga pendidikan dan guru dihadapkan pada tuntutan yang berat, terutama untuk mempersiapkan siswa agar mampu menghadapi berbagai dinamika perubahan yang berkembang pesat. Perubahan yang terjadi bukan saja berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga menyentuh perubahan dan pergeseran aspek moral masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter yang landasannya dari Pemikiran Ki Hadjar Dewantoro, serta nilai-nilai religius yang di tanamkan pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dan bersifat snowball sampling yaitu penentuan sampel pada awalnya masih bersifat sementara, dan akan berkembang kemudian setelah peneliti berada di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa camera digital, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan hasil studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Yapink yakni menerapkan pendidikan karakter yang landasannya dari pemikiran Ki Hadjar Dewantoro yaitu terbangunnya akhlak atau budi pekerti dari individu sebagai karakter keislaman agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia dengan konsep dasar yaitu keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik (tut wuri handayani), dengan smenanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang mengacu pada perangkat mengajar guru yaitu SILABUS/RPP, dan pelaksanaan menggunakan dua cara, yakni intrakulikuler dan ekstrakulikuler. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.title Pemikiran Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantoro Dan Implementasinya Di SMA Yapink en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account