DSpace Repository

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.advisor Ahmad Sofyan
dc.contributor.author Abdullah, 214810131
dc.date.accessioned 2019-11-19T04:19:55Z
dc.date.available 2019-11-19T04:19:55Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/243
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun ganda/jamak. Penelitian ini menggunakan metode survei teknik analisis korelasi dan model regresi linier sederhana dan berganda jumlah responden 35 siswa. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan baik secara parsial maupun ganda/jamak pada variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah terhadap Prestasi Belajar siswa. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya, pada penelitian sebelumnya dilakukan di sekolah umum, Sedangkan pada penelitian dilakukan di Madrasah, dimana madrasah saat ini masih diragukan kompetensinya oleh masyarakat, hal ini terbukti tatkala siswa diterima di Madrasah dan pada waktu yang sama mereka diterima di sekolah umum, maka mereka akan meninggalkan madrasah dan masuk di sekolah umum SMAN /SMKN Pada penelitian ini ditemukakan thitung > ttabel (4,729>2.03) berarti bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dan nilai thitung> ttabel (4,132>2,03) berarti bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, serta fhitung>ftabel (13,934>2,90) berarti bahwa kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah secara ganda memiliki pengaruh positif dan berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Pada penelitian ini juga ditemukan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,465, yang berarti kemampuan variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah berkontribusi sebesar 46,5 % terhadap variabel prestasi belajar siswa Sedangkan sisanya yakni 53,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.title Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Di MAN 19 Jakarta en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account