Abstract:
Penulisan Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran dan gerakan
Buya H. Zaini Kunin mengenai Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Riau
(UIR) Pekanbaru. Buya H. Zaini Kunin sangat dikenal di Riau khususnya
Pekanbaru karena telah mengorbankan seluruh waktu, jiwa raga serta harta benda
untuk kemajuan pendidikan agama Islam. Melalui penelitian ini penulis ingin
mengetahui bagaimana kondisi Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru sebelum
dan sesudah adanya Buya H. Zaini Kunin, landasan filosofi dan konsep pemikiran
serta gerakan pendidikan agama Islam Buya H. Zaini Kunin di Universitas Islam
Riau (UIR) Pekanbaru sehingga menjadi perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau.
Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat historis
dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data primer yang digunakan
dalam penulisan ini merupakan hasil wawancara anak kandung Buya H. Zaini
Kunin beserta dua buah buku yang di tulis oleh Muhammad Ali Noer dan
Fakhrunnas MA Jabbar. Sedangkan Data sekunder yang digunakan dalam
penulisan ini penulis peroleh dari Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru dan
Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau. Adapun teknik pengumpulan
data dengan mengadakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa setelah
dipegang oleh Buya H. Zaini Kunin sebelum dan sesudahnya pendidikan agama
Islam di Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru berkembang dengan baik, begitu
juga setelah Buya H. Zaini Kunin meninggal dunia, pendidikan agama Islam di
Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru semakin baik. Landasan filosofi
Pendidikan Agama Islam Buya H. Zaini Kunin mengacu kepada al-Ghazali yang
menyatakan bahwa pendidikan bagi masyarakat muslim tidaklah sempit dan tidak
terbatas bagi kehidupan dunia semata, akan tetapi harus mencakup kehidupan
keduanya secara seimbang yakni pendidikan bagi kehidupan dunia dan akhirat
begitu juga Ibnu Khaldun menyatakan hal yang sama bahwa tujuan pendidikan Islam
ialah untuk menyeimbangkan antara pendidikan yang berorientasi duniawi dan ukhrawi
yang berpijak kepada firman Allah dalam surah Al-Qashash ayat 77. Ibnu Khaldun juga
menyatakan bahwa pendidikan Islam merupakan alat terbaik untuk meningkatan kualitas
masyarakat umat Islam berdasarkan firman Allah SWT dalam surah Al-Mujadalah
ayat 11 serta menurut Muhammad Iqbal yang menyatakan bahwa pendidikan Islam
merupakan pembentukan kepribadian Muslim Insan Kamil dengan pola taqwa.
Adapun berdirinya Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru merupakan wujud dari
konsep pemikiran dan gerakan Buya H. Zaini Kunin yang berlandaskan dari
pemikiran al-Ghazali, Ibnu Khaldun dan Muhammad Iqbal tersebut. Konsep
pemikiran pendidikan agama Islam yang dipelopori oleh Buya H. Zaini Kunin di
UIR Pekanbaru yakni “ اًحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللُّّ اِلَيْكَ ” yang artinya berbuat baiklah kamu
kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu yang
bersumber dari firman Allah dalam surah Al-Qashash ayat 77. Berdasarkan ayat ini
Buya H. Zaini Kunin menerapkan konsep pendidikan agama Islam dengan
mengintegrasikan ilmu sains dan teknologi ke dalam ilmu Pendidikan Agama
Islam, yang akan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya unggul dalam
pengetahuan umum namun akan dibarengi dengan pengetahuan agama.