DSpace Repository

Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada Pendidikan Akhlak (Studi Kasus di MI Soebono Mantofani Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim
dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Nurul Azmi, 218430225
dc.date.accessioned 2023-01-17T04:13:49Z
dc.date.available 2023-01-17T04:13:49Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2498
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MI Soebono Mantofani Tangerang Selatan. Kemudian menganalisis manfaat setelah melaksanakan program GSM ini pada pendidikan akhlak siswa MI Soebono Mantofani. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis kualitatif. Metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan sosiologis dan psikologis. Sumber penelitian primer dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, peserta didik, dan wali murid. Adapun sumber sekunder didapatkan melalui buku dan artikel jurnal yang relevan dengan penelitian. Data dianalisis menggunakan teori Milles dan Huberman, yakni dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MI Soebono Mantofani Tangerang Selatan sudah dilaksanakan dengan baik. Implementasi GSM ini dilaksanakan di sekolah dengan menerapkan zona-zona GSM yakni: Zona emosi, zona kehadiran, zona kesepakatan, zona kebaikan, zona harapan dan cita-cita, zona menabung, zona kreativitas dan zona-zona lainnya. Zona tersebut kemudian berdampak pada perubahan karakter anak. Anak menjadi lebih disiplin, jujur, bersabar, bersahabat dan ramah, serta sopan santun. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak en_US
dc.title Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada Pendidikan Akhlak (Studi Kasus di MI Soebono Mantofani Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account