dc.description.abstract |
Umat Islam dalam sejarahnya telah memperlihatkan tentang
pentingnya pendidikan, karena melalui pendidikan manusia bisa belajar dan
mempelajari alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. Untuk
kebutuhan belajar ini sangat diperlukan keberadaan para pemerhati
pendidikan sebagai transmitor pengetahuan. Armai Arief, salah seorang
tokoh pendidikan Islam Ibukota, menyadari betul hal tersebut, dan untuk
merealisasikan kesadarannya tersebut, beliau mengimplementasikan sebuah
sekolah yang bernama ”SMP-SMA Berbasis Psantren di Parung Bogor Jawa
Barat”
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi Armai
Arief, baik berupa pemikiran maupun Implementasinya dalam
mengembangkan pendidikan Islam di SMP-SMA Berbasis Pesantren.
Penelitian ini adalah penelitian (library reaseach), melalui
pendekatan kualitatif dengan dengan menggunakan metode deskriptif
analisis, yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang tepat
mengenai objek penelitian. Data dikumpulkan dengan metode pengumpulan
data pustaka, wawancara dan dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembaruan
dalam pengembangan pendidikan Islam Armai Arief beliau didasari oleh
keinginan untuk mengubah cara berpikir masyarakat setempat yang masih
fanatik dengan sistem pendidikan tradisionalis. Misi yang selanjutnya adalah
untuk memperkenalkan trobosan-trobosan baru dalam dunia pendidikan
Islam dengan mendirikan sekolah yang berbasis pesantren. Dengan demikian
beliau mencoba mengintegrasikan antara pendidikan Umum dan pendidikan
agama dalam satu lembaga pendidikan. Maka pembaruan Pendidikan Islam
yang diinginkan Armai Arief, meliputi: Pembaruan lembaga, tujuan, metode
dan Kurikulum Pendidikan Islam. |
en_US |