dc.contributor.author | siti rohmah | |
dc.date.accessioned | 2023-05-09T02:18:04Z | |
dc.date.available | 2023-05-09T02:18:04Z | |
dc.date.issued | 2022-06-02 | |
dc.identifier.issn | 2614-8846 | |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2560 | |
dc.description.abstract | Artikel ini mengkonstruksi peran dan strategi orangtua terhadap anak untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual anak melalui pendidikan Islam berbasiskan kisah-kisah di dalam Al-Qur’an. Artikel ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan sumberdaya Pustaka (library research) dan dengan pendekatan maudu’i (tematik) dalam menganalisa ayat-ayat tentang dialog atau komunikasi orangtua-anak. Artikel ini menyimpulkan bahwa peran atau relasi orangtua dan anak selalu dilandasi atas ketauhidan kepada Allah Swt dan kasih sayang. Ketauhidan dan kasih sayang inilah yang kemudian melahirkan sikap-sikap kecerdasan emosional dan spiritual. Kisah-kisah dialog atau komunikasi yang dicontohkan oleh para nabi kepada anaknya juga menggunakan strategi-strategi tertentu dan juga berisi materi-materi yang bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | pendidikan | en_US |
dc.subject | islam | en_US |
dc.title | Peran Orangtua Terhadap Anak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Melalui Pendidikan Islam Berbasis KisahKisah Nabi di Dalam Al-Qur’an | en_US |
dc.type | Journal | en_US |