Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait bagaimana manajemen
pendidikan berbasis moderasi beragama serta bagaimana upaya dalam mengimplementasikannya di era
digital saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis atau
analisis konten dari berbagai literature, baik dari buku, jurnal dan literasi terkait lainnya. Adapun penelitian
ini menunjukan bahwa, Indonesia ialah sebuah negara yang majemuk, dimana di dalamnya terdapat
berbagai ras, agama, suku yang beragam. Oleh karenanya dibutuhkan manajemen pendidikan berbasis
moderasi beragama, agar setiap individu dapat memahami akan perbedaan di negara kita ini. Usaha yang
serius diperlukan untuk menerapkan manajemen pendidikan berbasis moderasi beragama, dimana usaha
tersebut mesti didukung oleh berbagai hal pokok, diantaranya ialah: pemahaman ataupun pengetahuan
yang sesuai dengan kondisi dan keadaan negara kita, pengendalian serta keseimbangan emosi, kehatihatian serta kewaspadaan yang berkesinambungan, misalnya perlu adanya integrasi nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran termasuk dalam pemanfaatan literasi digital. Impelementasi praktisnya di
era digital ini dimana moderasi beragama bisa dijalankan diberbagai komponen misalnya impementasi
pendidikan moderasi beragama pada pembelajaran serta kurikulum yang di manajerial secara sistemik dan
integratif.