Abstract:
Fenomena amoral di kalangan pelajar yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, seperti: perilaku
sex bebas, narkotika, tawuran dan kriminalitas lainnya merupakan sebuah masalah pendidikan yang
perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak, khususnya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh spiritual teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kalimulya, Depok. Penelitian ini merupakan penelitian
dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, dengan pengujian hipotesis
menggunakan uji f. Hasil data yang diperoleh pada uji f tentang pengaruh spiritual teaching terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 13,160. Hal ini dibuktikan bahwa dengan
perhitungan hasil statistik dengan taraf signifikansi 5% dengan df sebesar 4,02 maka H0 ditolak dan Ha
diterima, dengan arti ada pengaruh yang signifikan antara spiritual teaching terhadap hasil belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kalimulya. Dari hasil determinan (Rsquare)
disimpulkan bahwa pengaruh variabel (X) Spiritual teaching terhadap variabel (Y) hasil belajar
sebesar 19,6% dan selebihnya 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.