DSpace Repository

Pengaruh Berfikir Kritis Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aziz Fakhrurrazi
dc.contributor.advisor Oka Gunawan
dc.contributor.author Toto Heriyanto, 215810153
dc.date.accessioned 2019-11-19T08:12:05Z
dc.date.available 2019-11-19T08:12:05Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/257
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan mind mapping dan daya berfikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini bersumber pada kondisi dan situasi kegiatan belajar mengajar di sekolah yang masih menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMAN 20 Kab. Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Sedangkan untuk menganalisis dan menguji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar PAI melalui penggunaan mind mapping dan angket digunakan untuk mengukur siswa yang berfikir kritis. Hasil penelitian dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang berfikir kritis tinggi dengan siswa yang berfikir kritis rendah. Siswa yang berfikir kritis tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dari siswa yang berfikir kritis rendah. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang belajar menggunakan mind mapping dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional. Siswa yang belajar menggunakan mind mapping mempunyai haisl belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional. Ketiga, terdapat pengaruh antara siswa yang berfikir kritis dengan penggunaan mind mapping secara bersamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Berfikir Kritis en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Berfikir Kritis Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Di SMAN 20 Kab. Tangerang-Banten en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account