dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendapatkan pemahaman data-data empiris
mengenai analisis nilai-nilai Islami dalam kepemimpinan kepala sekolah dan
budaya organisasi serta pengaruhnya terhadap motivasi kerja di SMKN 27
Jakarta Pusat. Penelitian ini melengkapi penelitian sebelumnya terkait
kepemimpinan, budaya organisasi maupun motivasi kerja dalam dunia
pendidikan. Perbedaan secara umum dengan penelitian sebelumnya adalah
penulis menggunakan niai-nilai Islami sebagai analisis dalam keterpengaruhan
kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja. Dengan nilainilai
Islami, penulis menggali lebih dalam mengenai apa saja yang
mempengaruhi atau yang diterapkan di SMKN 27 Jakarta Pusat.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan
koreasional dan regresi. Populasi sampel penelitian ini adalah guru di SMKN
27 Jakarta Pusat dengan jumlah 25 orang. Penulis menggunakan uji validitas
dan reliabilitas dan normalitas sebagai pengujian terhadap instrument
penelitian. Adapun analisisnya menggunakan uji normalitas, analisis regresi
dan analisis dengan uji F.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja guru di SMKN 27
Jakarta Pusat. Adapun nilai signifikansinya adalah sebesar 0,027. H1 = > 0 dan
H0 = < 0. Dengan demikian, hipotesa penelitian ini menerima H1 yang berarti
terdapat pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi
terhadap motivasi kerja guru SMKN 27 Jakarta Pusat. Adapun nilai-nilai
Islami secara umum berpengaruh secara signifikan terhadap kepemimpinan
dan budaya organisasi dengan nilai 0,579. Dengan demikian secara tidak
langsung motivasi kerja juga dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam. Sebagaimana
terdapat beberapa nilai-nilai Islami yang diterapkan seperti musyarawah,
berkeadilan dalam memberikan tugas kepada yang berkompeten. Dalam
budaya sekolah terdapat tadarus Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran
sebagai bentuk budaya organisasi yang Islami. |
en_US |