dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eklektik
(Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran terhadap
keberhasilan pembelajaran bahasa arab siswa SMP Al – Fattah. Terdapat
beberapa penelitian yang telah ada tentang metode eklektik (ath-thariqoh alintiqoiyyah)
dan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Perbedaan
nya adalah belum ada peneliti yang menggabungkan metode ini dengan
penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa.
Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survei dengan pendekatan korelasaional. Dengan cara memberi seperangkat
pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk
dijawabnya.Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah
Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
memilih satu kelas secara acak dari lima kelas.Sampel berjumlah 44 siswa.
Dari hasil penelitian, Terdapat pengaruh positif dan signifikan
metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) terhadap hasil belajar bahasa
Arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,139
dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,019 atau sama dengan
1,9% serta arah pengaruhnya = Ŷ = 110,416 + 0,27X1, yang berarti bahwa
setiap peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Alintiqoiyyah)
akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa arab
sebesar 0,27
Pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran terhadap hasil
belajar bahasa arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh)
dengan r= 0,280 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,078
atau sama dengan 7,8 % serta arah pengaruhnya Ŷ = 132,173 + 0,204X2,
yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor media pembelajaran
akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa Arab sebesar
0,204.
Terdapat pengaruh metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah)
dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa
arab dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,306 dan
koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,093 atau sama dengan 9,3
% serta arah pengaruhnya Ŷ = 127,269+0,0647X1+0,211X2, setiap
peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah)
xviii
dan media pembelajaran secara bersama-sama akan mempengaruhi
peningkatan skor hasil belajar bahasa arab sebesar 0,858.
Dengan demikian maka persamaan regresi tersebut di atas,
menunjukan bahwa metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan
media pembelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa Arab siswa. |
en_US |