DSpace Repository

Pengaruh Metode Ekletik (Ath-Thariqoh Al-Intiqoiyyah) Dan Media Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Arab

Show simple item record

dc.contributor.advisor Artani Hasbi
dc.contributor.advisor Muhmmad Azizan Fitriana
dc.contributor.author Suhendra, 215810166
dc.date.accessioned 2019-11-19T09:21:48Z
dc.date.available 2019-11-19T09:21:48Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/270
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa arab siswa SMP Al – Fattah. Terdapat beberapa penelitian yang telah ada tentang metode eklektik (ath-thariqoh alintiqoiyyah) dan telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Perbedaan nya adalah belum ada peneliti yang menggabungkan metode ini dengan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasaional. Dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan memilih satu kelas secara acak dari lima kelas.Sampel berjumlah 44 siswa. Dari hasil penelitian, Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,139 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,019 atau sama dengan 1,9% serta arah pengaruhnya = Ŷ = 110,416 + 0,27X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Alintiqoiyyah) akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa arab sebesar 0,27 Pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa arab siswa dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,280 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,078 atau sama dengan 7,8 % serta arah pengaruhnya Ŷ = 132,173 + 0,204X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor media pembelajaran akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa Arab sebesar 0,204. Terdapat pengaruh metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa arab dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) dengan r= 0,306 dan koefisien determinasi (besarnya pengaruh) R2= 0,093 atau sama dengan 9,3 % serta arah pengaruhnya Ŷ = 127,269+0,0647X1+0,211X2, setiap peningkatan satu unit skor metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) xviii dan media pembelajaran secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor hasil belajar bahasa arab sebesar 0,858. Dengan demikian maka persamaan regresi tersebut di atas, menunjukan bahwa metode eklektik (Ath-Thariqoh Al-intiqoiyyah) dan media pembelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa Arab siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Eklektik (Ath-Thariqoh Al-Intiqoiyyah) en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Hasil Belajar Bahasa Arab en_US
dc.title Pengaruh Metode Ekletik (Ath-Thariqoh Al-Intiqoiyyah) Dan Media Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Arab en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Siswa SMP Al-Fattah Tigaraksa Kab. Tangerang en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account